Tags

Related Posts

Share This

Iringan Mobil Presiden Melintas, 4 Polantas Solo Mendahulukan Ambulans Lewat

Kisah heroik empat anggota Satlantas Polresta Solo terungkap saat melakukan pengamanan rute Presiden Joko Widodo (Jokowi) melintas bersama keluarga di Pertigaan Kerten, RS Panti Waluyo, Solo, pada Sabtu (15/9/2018) malam lalu.

Keempat anggota tersebut mendahulukan mobil ambulans yang terjebak kemacetan lalu lintas saat itu.
Mereka adalah Ipda Suharto, Aipda Ersan, Bripka Dwi Purnomo dan Briptu Javan Bagas.

Ditemui usai apel pagi di Mapolresta Solo, Senin (17/9/2018) pagi, Suharto bercerita.

Kala itu sekitar pukul 19.00 WIB dia bersama tiga anggota lain tengah bertugas mengamankan rute presiden.
Lantaran bersamaan dengan malam minggu identik dengan kepadatan kendaraan, kemacetan terjadi di persimpangan itu.

“Saya melihat ada mobil ambulans yang terjebak di jalur lambat depan RS Panti Waluyo bersama puluhan pengendara lain dari barat” paparnya.

Padahal, kata dia, rombongan Presiden sudah mendekat di kawasan The Sunan Hotel, Jl Ahmad Yani, yang berjarak ratusan meter dari persimpangan.

Saat itu rombongan Presiden hendak ke Solo Paragon Mall melalui ke Jl Slamet Riyadi.
“Tadinya saya stop juga ambulans, karena rangkaian RI1 (presiden) masih di depan Sunan maka ambulans saya jalankan,” paparnya.

“Gantian, kendaraan di belakang ambulans saya stop selanjutnya rangkaian RI1 melintas.”

Pria yang menjabat sebagai Kasunit 2 Laka Satlantas Polresta Solo itu mengutarakan, tindakannya telah sesuai dengan tugas dan atas dasar kemanusiaan.

Terlebih juga, mobil ambulans dari RSUD Pandan Arang Boyolali itu membawa pasien darurat hendak ke RS Kasih Ibu.

Adapun tindakan empat polisi lalu lintas itu pun juga mendapat apresiasi dari akun Instagram @mughnyhd_15 yang diunggah di akun @ics_infocegatansolo.

“Ada sedikit cerita di balik foto ini. Ambulan ini adalah unit dari RSUD Pandan Arang Boyolali yang membawa pasien emergency yang di dalam organ tubuhnya terdapat paku,cincin, gelang. Perkiraan driver dan perawat sang pasien terkena santet sehingga di dalam tubuhnya terdapat benda benda yang tak lazim.

Tp bukan itu yg ingin saya ceritakan. Tp waktu unit ambulan dan tim emergency respon @ieasurakarta sedang mendampingi ambulan melewati daerah pertigaan Panti Waluyo. Kita simpangan dengan rombongan RI 1 dan hebatnya polantas Surakarta mendahulukan ambulan yang emergency.

Saya pribadi salut dengan kejadian ini. Disaat di kota lain yg video nya viral ambulan di paksa berhenti karna ada rombongan tentara/polisi sedang lewat. Tp di kota kami Ambulan benar2 mendapat prioritasnya.

Bukan sampai disitu saja. Karna malam ini kota solo sedang macet total khususnya jalur dari perlintasan KA Purwosari karna ada acara di Gladak.

Saat akan melintasi perlintasan purwosari semua bapak polisi yang bertugas turut membantu mengurai kemacetan agar unit ambulan dapat segera sampai di rs kasih ibu. Maju terus kota solo!! .

Unggahan berupa foto berisi ucapan terima kasih kepada anggota Satlantas Polresta Solo karena telah mengutamakan mobil ambulans di tengah kemacetan dan iring-iringan presiden.

Sebanyak 9 ribu lebih akun telah menyukai foto tersebut dan telah dikomentari ratusan lebih.

Dedikasi keempatnya lalu mendapat penghargaan dari Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, dalam apel Senin pagi.

 

 

 

Source : http://solo.tribunnews.com/amp/2018/09/17/kisah-4-anggota-polantas-solo-dahulukan-mobil-ambulans-meski-iring-iringan-jokowi-mendekat