Tags

Related Posts

Share This

Mengenal SAE

Sutiaji adalah Wakil Walikota Malang yang maju dalam Pilkada tahun ini sebagai calon Walikota Malang. Berbeda dengan Pilkada tahun sebelumnya yang hanya sebagai calon Wakil Walikota.

Sutiaji sendiri merupakan pria kelahiran Lamongan. Namun sudah menetap lama di Jl. MT Haryono V/254 Dinoyo, Lowokwaru semenjak beliau kuliah di IAIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Sekarang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

Koalisi SAE

Beliau kuliah di Fakultas Tarbiyah (FT) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan bergerak aktif sebagai aktifis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Malang, dan merupakan salah satu pengagas Rayon Fakultas Tarbiyah FT UIN Malang Maulana Malik Ibrahim.

Setelah lulus beliau juga aktif di beberapa organisasi selaku Koordinator BKM Lowokwaru, lalu menjadi Sekretaris MWC NU Lowokwaru, kemudian ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris NU Cabang Kota Malang

Beliau sempat menjadi Wakil Ketua NU Cabang Kota Malang 2011-2016, dan kemudian menjadi Ketua Fraksi PKB di DPRD Kota Malang. Dimana beliau pernah menjadi Wakil Ketua DPC PKB Kota Malang 2013-2018.

Beliau juga pernah menjadi Bendahara Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Malang dan menjadi Koordinator Forum Komunikasi Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kota Malang.

Jabatan terakhir sebelum ia menjadi Wakil Walikota Malang, ia pernah menjadi Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PKB.

Sementara itu, pendamping Sutiaji dalam helatan Pilkada Kota Malang 2018 yakni Sofyan Edi Jarwoko, beliau merupakan Ketua DPC Partai Golkar Kota Malang. Sofyan bisa dibilang merupakan kader terbaik dari Partai Golkar Kota Malang, rekanan dari Anggota DPR RI, Ridwan Hisjam.

Pria alumnus Universitas Merdeka Malang, pernah menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang. Pria asli Malang dan sejak mahasiswa aktif di organisasi dan komunitas yang berhaluan nasionalis, oleh karenanya mendapat julukan ‘Bung’ sebagai sapaan akrabnya.

Di Pilkada Kota Malang 2013 lalu, Sofyan Edi Jarwoko menjadi sebagai Calon Wakil Wali Kota Malang, berpasangan dengan Heri Pudji Utami sebagai Calon Wali Kota. Pasangan ini saat itu diusung koalisi PAN – Golkar, namun pada saat itu pihaknya gagal karena berada pada posisi ke tiga dalam persentase perolehan suara.

Kini, di Pilkada Kota Malang 2018 beliau berpasangan denga Wakil Walikota Malang petahana, dimana memiliki pengaruh yang cukup kuat di Masyarakat. Pasangan Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko ini diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Golkar.Dengan jargon Sutiaji-Edi /SAE, yang dalam anonim jawa artinya “baik” untuk jargon kampanye koalisi mereka.

 

 

../Sebagai catatan Sofyan Edi Jarwoko adalah Anggota UBKM Mandala dengan Call Sign 501, Jadi adalah wajar apabila dukungan rekan-rekan UBKM yang Non TNI dan Polri bersifat emosional.